Mobil Pemimpin Negara Jepang


presidential car toyota century
Sejak dulu kala, symbol atau lambang-lambang yang menunjukkan kewibawaan atau kharisma rupanya sangat digemari dan dibutuhkan oleh para petinggi kerajaan atau Negara.
Dahulu, para raja atau petinggi kerajaan akan selalu menggunakan kuda yang terbaik berikut kereta yang dirancang sangat mewah untuk dijadikan sebagai alat transportasi Ternyata hal ini tidak berubah hingga saat ini.
Hampir seluruh pemimpin Negara di dunia pasti memilih kendaraan spesial yang akan digunakan sebagai kendaraan resmi kenegaraan (presidential car). Bagaimana dengan Negara-negara yang telah lama dapat memproduksi mobil serta memiliki industri mobil yang sedemikian maju ?.
nissan-prince-royal-presidential car
Jepang, adalah salah satu contohnya. Negara yang masih menggunakan system kekaisaran ini, sejak lama sudah memproduksi kendaraan khusus untuk para anggota kekaisaran serta para petinggi negaranya.
Pada awalnya, yaitu sekitar tahun 1930, Negara ini menggunakan mobil Mercedes Benz 770, kemudian digantikan dengan Rolls-Royce Phantom V.
Pada tahun 1960, industri mobil Negara ini mengalami sukses yang luar biasa. Produknya mulai tersebar di seluruh dunia, termasuk ke Negara-negara yang merupakan tempat kelahiran otomotif dunia.
 Para petinggi kekaisaran dan para petinggi negara, mulai
hirohito car nissan-prince-royal
berpikir untuk dapat menciptakan mobil khusus untuk mereka sebagai symbol dari kekuasaan dan kewibawaan Maka dicarilah beberapa industri dalam negeri yang dapat memproduksi mobil yang cocok untuk digunakan oleh kaisar jepang.
Pada bulan September 1965, The Prince Motor Company mengumumkan bahwa mereka dapat menyediakan dua kendaraan untuk Kaisar. Produk yang pertama akan siap pada tahun 1966, dan produk kedua pada tahun selanjutnya. Untuk memenuhi janji ini, pada Mei 1966, The Prince Motor Company bergabung dengan Nissan Motor Co., sejak itulah merk Nissan telah ditambahkan ke nama mobil produksi dari industri gabungan ini yaitu “Nissan Prince Royal”. Mobil ini adalah mobil VIP limousine pertama yang dirancang dan diproduksi pabrik mobil jepang.
Produk awal kendaraan ini didisain khusus sesuai pesanan dari kekaisaran yaitu :
  1. Eksteriornya mempunyai disain yang menawan , menggunakan pintu model kupu-kupu yang dapat membuka dengan sudut yang sangat lebar (reverse door).
  2. Interiornya dirancang dengan sangat lega dengan 3 baris kursi yang memuat 8 penumpang termasuk 2 orang pengawal kekaisaran yang disediakan kursi lipat khusus pada bagian belakang kendaraan. Kursi pada bagian depan dilapisi bahan kulit kualitas nomer satau, sedangkan pada bagian belakangnya dilapisi bahan wool tebal yang sangat mewah pada jamannya. Untuk kenyamanan antara kursi dibagian tengah ini dilengkapi dengan meja bar. Ruang diantara pengemudi dan penumpang dibatasi dengan panel kaca. yang dilengkapi dengan sarana telpon untuk berkomunikasi. Selain itu, seluruh jendela pada kendaraan ini dilengkapi juga dengan tirai untuk menglindungi penumpang dari sengatan sinar matahari.
  3. Untuk menggerakkan bobot yang cukup berat, kendaraan ini dilengkapi dengan mesin konfigurasi V8 dengan kapasitas 6.300 cc OHV, dengan transmisi otomatis 3-speed Borg-Warner, ban Bridgestone khusus yang sanggup menahan beban maksimal, serta dilengkapi dengan rem yang menggunakan system Drum breaks.
Nissan Prince Royal ini bertahan cukup lama sebagai mobil resmi kekaisaran jepang, sampai akhirnya digantikan oleh Toyota Century.
Toyota Century adalah mobil empat pintu pertama yang diproduksi oleh Kanto Auto Works, Ltd untuk Toyota khusus pasar domestik. Dimulai pada tahun 1967, produk ini tetap bertahan sampai saat ini. Modelnya , sampai tahun produksi 1997 relatip tetap, hanya ada perubahan2 kecil yang tidak signifikan.
mobil kuno nissan-prince-royal
Nama “Century” berasal dari peringatan 100 tahun kelahiran Sakichi Toyoda, pendiri Toyota Industries.  Mobil ini dibuat sangat terbatas dan mempunyai keistimewaan yaitu hampir seluruh bagian yg di produksinya adalah “hand made”.
Kualitas dari Toyota Century ini sebanding dengan Austin Princess, ZIS / ZIl, Chinese Red Flag, Rolls-Royce dan Maybach limousines. Mobil ini selalu berwarna hitam sebagai icon dari hampir semua Negara asia.
Sebuah versi khusus, yang disebut “Toyota Century Royal“, dibuat untuk kekaisaran Jepang, yang akan digunakan oleh anggota senior dari imperial keluarga, seperti halnya Bentley State Limousine yang dibuat untuk keluarga kerajaan inggris. Kursinya dilapisi kain mewah, lantainya pun dilapisi granit yang sangat mahal. Awalnya dipesan lima kendaraan, tetapi karena biaya per kendaraan yang membengkak, dengan anggaran yang tersedia akhirnya hanya dapat diproduksi 4 unit saja.
Kendaraan ini dari awal tahun 1967 sampai dengan 1997, diproduksi dengan menggunakan mesin V8. Sesudahnya dilengkapi dengan mesin V12 yang sangat unik.
Rival terdekat dari kendaraan ini adalah Nissan Presiden yang mempunyai kualitas dan reputasi yang hamper menyamai.
Toyota Century Generasi Pertama 1967 – 1997
  • Kendaraan ini dibuat dengan basic dari Toyota Crown 1964, dengan mesin Toyota 3V, kapasitas 2,6 l yang menggunakan konfigurasi V8.
  • Pada tahun 1967 mengalami upgrade dengan menggunakan mesin 3 V kapasitas 3,0 L.
  • Tahun 1973, diganti dengan mesin 4V-U, kapasitas 3,4 L
  • Tahun 1982, diganti dengan mesin 5V-EU, kapasitas 4,0 L
  • (Kode 3V, 4V-U, dan 5V-Uni Eropa tidak merujuk kepada jumlah katup pada mesin, tetapi menunjukkan model mesin V produksi Toyota).


sumber

    0 Response to "Mobil Pemimpin Negara Jepang"

    Post a Comment

    Boleh Berkomentar Asal Tidak Menggunakan Kata Kasar,,,,,, Tx For Visit ^^


    Free Updates to your Inbox
    Follow us:
    facebook twitter gplus pinterest rss