Hebat! Ilmuwan Bikin Robot Mikro Dokter Mata

Headline

Pengobatan mata makin mengagumkan. Kini robot berukuran sangat kecil bisa ‘menjelajahi’ mata pasien. Robot ini bisa memberi obat, bahkan mengoperasi mata pasien.

Robot temuan Michael Kummer dan tim dari Institute of Robotics and Intelligent Systems (IRIS) di Zurich, Swiss ini akan segera diluncurkan untuk medis. Sebelumnya, robot serupa dari North Carolina State University juga dikembangkan.

Namun bedanya, robot mikro itu bisa ‘berenang’ di cairan tubuh untuk membersihkan darah beku di pembuluh darah mata. Kini, Kumer mengembangkannya lebih jauh dan menambahkan kontrol keakuratan menggunakan medan magnet.

Robot ciptaan Kumer ini disuntikkan ke mata melalui jarum dan dikendalikan secara elektromagnetik guna mengurangi penggunaan bahan bakar untuk memberi daya.

“Kami harap robot mikro ini bisa membantu mengobati degenerasi mata dengan menyuntikkan obat secara teratur,” ungkap Kumer.

Robot ini belum pernah dipakai pada mata manusia dan baru diujicoba pada mata babi yang telah mati. Seperti dikutip PC World, Kumer dan tim berencana mengujinya pada hewan hidup.
Tak hanya mengobati penyakit degenerasi mata, robot ini juga bisa dikembangkan untuk mengobati masalah mata lain dan melakukan operasi.


sumber 

0 Response to "Hebat! Ilmuwan Bikin Robot Mikro Dokter Mata"

Post a Comment

Boleh Berkomentar Asal Tidak Menggunakan Kata Kasar,,,,,, Tx For Visit ^^


Free Updates to your Inbox
Follow us:
facebook twitter gplus pinterest rss