Mau Lupakan Cerita Sedih? Ini Caranya

Headline
Jakarta – Ilmuwan memastikan keberadaan ingatan selektif. Selain itu, kini orang bisa melatih pikiran mereka untuk menghapus ingatan yang tak diinginkan. Bagaimana caranya?

Ilmuwan mengklaim, terus menekan ingatan buruk dalam waktu lama bisa membuat ingatan itu hilang secara penuh dari memori otang kita. Ilmuwan menggunakan pemindai EEG untuk mengawasi bagian otak yang menjadi aktif saat sukarelawan secara aktif mencoba melupakan sesuatu.

Penekanan ingatan dalam jangka panjang menjadi cara ampuh hapus ingatan secara permanen. Tim Lund University, Swedia, mengatakan, menguasai teknik ini sangat berguna bagi penderita depresi atau kelainan pasca trauma yang secara konstan terus dihantui ingatan tak menyenangkan yang berakibat merusak kesehatan mental.

Pemimpin peneliti Gerd Waldhauser mengatakan, “Kita tahu perasaan ‘terlupakan’ atau tertekan sering kali memanifestasi diri sendiri sebagai reaksi fisiologi”. Para sukarelawan dilatih melupakan informasi netral di lingkungan lab terkontrol, “Melatih melupakan peristiwa traumatis bisa lebih rumit”.

Hasil studi ini tak hanya menunjukkan manusia bisa melupakan ingatan, juga bisa mengingat kembali ingatan tertentu yang dilupakan, lanjutnya seperti ditulis Dailymail. “Makin lama ditekan, makin sulit ingatan diingat. Jika ingatan ditekan dalam waktu lama, ingatan makin sulit diingat”

0 Response to "Mau Lupakan Cerita Sedih? Ini Caranya"

Post a Comment

Boleh Berkomentar Asal Tidak Menggunakan Kata Kasar,,,,,, Tx For Visit ^^


Free Updates to your Inbox
Follow us:
facebook twitter gplus pinterest rss