Awas! Minum Soda Bikin Remaja Jadi Agresif & Kasar

Headline  

London – Sebuah hasil studi terbaru menemukan, meminum sekaleng soda sehari mampu membuat ramaja berperilaku lebih agresif dan kasar. Mengapa?

Peneliti mengatakan, remaja cenderung menjadi kasar dan membawa senjata jika rutin mengonsumsi minuman soda. Tak hanya itu, mengonsumsi lima kaleng minuman berkarbonasi non-diet dalam sepekan bisa membuat remaja terlibat serangan kekerasan.

“Ada kaitan kuat dan signifikan antara minuman soda dan kekerasan. Hal ini dikarenakan konten gula atau kafein minuman ini. Namun, ada kemungkinan faktor lain yang mungkin belum teranalisa juga menjadi penyebab perilaku kasar ini,” papar Dr Sara Solnick dari University of Vermont seperti dikutip DM.

Temuan terbaru peneliti Amerika Serikat (AS) yang diterbitkan dalam Injury Prevention dari 1.878 remaja usia 14-18 dari 22 sekolah di Boston menemukan, 9-15% remaja yang sering mengonsumsi soda cenderung berperilaku agresif.

Tingkat perilaku kekerasan meningkat dalam ‘dosis respon’ saat remaja mengonsumsi minuman soda. Kesempatan remaja yang tak meminum soda berperilaku semacam ini hanya sebesar 23% sedangkan remaja yang meminum soda menjadi 43%.

Senada, Dr Seena Fazel dari Oxforf University mengatakan, “Percobaan pengurangan konsumsi minuman soda patut dicoba dan mungkin membawa keuntungan lebih dari mengurangi perilaku kekerasan ini”.
Di sisi lain, Prof Peter Kinderman dari klinik psikologi University of Liverpool berpendapat lain, ia mengatakan ada banyak faktor menyebabkan perilaku kasar remaja.

“Penyebab kekerasan pada remaja terbilang rumit dan hasil studi ini mewakili interpretasi yang sangat sederhana dari peran minuman soda," katanya.

sumber

0 Response to "Awas! Minum Soda Bikin Remaja Jadi Agresif & Kasar"

Post a Comment

Boleh Berkomentar Asal Tidak Menggunakan Kata Kasar,,,,,, Tx For Visit ^^


Free Updates to your Inbox
Follow us:
facebook twitter gplus pinterest rss