Jangan Lakukan Hal Ini Pas Kuliah

Sebelumnya momo udah pernah nulis kesulitan yang bikin mahasiswa nggak lulus karena nggak bisa ngerjain tugas skripsi yang disebabin beberapa faktor keturunan. Sekarang momo mau lanjutin tulisan itu dan ngasih tau cara-cara biar cepet lulus yang sering dilakuin sama para mahasiswa. Mahasiswa yang udah bosen bin pusing ngurusin skripsi karena udah kelamaan bakal ngelakuin 2 (dua) hal ini yang sangat sering sesering temen-temen JB bernapas. Halah lebay. Dua hal tersebut :

1. Beli Skripsi
Nggak tau apa kemauan dosen ato emang tulisan skripsinya nggak bermutu yang selalu gagal sewaktu ngajuin tulisan skripsi yang udah di bikin. Kesel, pusing, frustasi campur aduk lah pokoknya. Ngeliat temen-temen seangkatannya udah pada lulus dan punya karir, sedangkan dia masih berjibaku sama skripsi. Akhirnya putus ada dan beli skripsi yang udah jadi dan di kasihin ke dosennya. Al hasil dosen nerima tuh skripsi karena mungkin di anggap bermutu dan tuh mahasiswa lulus. Enak kan tinggal ngeluarin kocek yang agak lumayan udah langsung jadi tuh skripsi. Ada garansi sampe lulus pula.

2. Berenti, Beli Ijazah
Takut nggak dapet garansi lulus kalo beli skripsi orang laen akhirnya lebih mutusin berenti kuliah aja. Abis itu nyari orang dan ngelobi harga biar dapet ijazah dari kampus ato mengatas namakan kampus pilihannya. Hasil ijazahnya pun sama persis ato bahkan emang sama kali ye. Rakyat Indonesia ini emang sangat kreatif banget. Kalo kreatif dalam hal positif itu suatu yang wajib dibanggain, tapi kalo kreatifnya kayak begini apa wajib dibanggain? Bilang ke orangtua kalo kuliahnya udah lulus dan dapet nilai yang bagus. Pamer ke temennya kalo sekarang udah punya titel sebagai sarjana. Banggakah kalian?

Ini semua akibat kalian kuliah yang nggak bener-bener kuliah. Kalo dari awal niat kalian kuliah buat nyari ilmu supaya bisa kerja di tempat yang elit, jadi pegawai negeri, ato malah jadi pengusaha hasilnya bakal beda. Ketimbang niat kalian yang cuma pengen ngisi waktu, nyari jodoh, ato cuma sekedar pengen dapet ijazah. Dan harusnya pikiran kalian itu nyala sebelum mutusin pengen kuliah. Kalo cuma pengen dapetin ijazah doang, kenapa nggak beli dari awal aja? Lebih hemat waktu sama uang kan! Kalo pengen nyari jodoh kenapa nggak ikutan aja sekalian kotak jodoh. Banyak tuh kontak jodoh media online kalo emang males keluar. Pengen ngisi waktu? Bodoh bener pikirannya. Mending juga ngisi waktunya kerja bantuin tuh orang tua ato kalo emang udah kaya tinggal ngisi waktu sama ibadah.

Kalian yang ngelakuin hal kayak gitu emang lulus, tapi kalian nggak berhasil. Buang-buang waktu dan duit doang. Kesian orang tua kalian yang udah ngebiayain kuliah. Kuliah pake duit sendiri? Justru harusnya lebih malu. Udah dapet penghasilan sendiri berarti udah lebih dewasa, tapi kenapa masih seneng sama cara di atas?



Temen-temen JB, momo cuma mau bilang kalo kedua poin di atas itu nggak bae buat di contoh. Mending kalian nggak kuliah kalo nantinya bakal ngelakuin hal kayak gitu. Dan buat temen-temen JB yang udah kuliah coba mulai peduli sama apa yang bakal kalian lakuin. Peduli sama ucapan dosen saat ngajar dan ngasih nasehat. Peduli sama orangtua yang udah ngebiayain kalian padahal duitnya boleh gali lobang tutup lobang. Peduli sama temen-temen kalian yang udah support dan bantu masalah kalian. Juga peduli sama diri sendiri. Niat yang baik bakal ngehasilin sesuatu yang baik juga.

sumber

0 Response to "Jangan Lakukan Hal Ini Pas Kuliah"

Post a Comment

Boleh Berkomentar Asal Tidak Menggunakan Kata Kasar,,,,,, Tx For Visit ^^


Free Updates to your Inbox
Follow us:
facebook twitter gplus pinterest rss