Misteri Gunung Semeru yang Selalu Menarik Para Pendaki

Gunung Semeru yang berketinggian 3.676 Mdpl memang menjadi salah satu destinasi menarik bagi para pendaki gunung. Keindahan alam di gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut memang sangat menarik minat pendaki.


http://melorot.blogspot.com/

Selain menyuguhkan keindahan alam, Semeru juga banyak menyimpan misteri. Ingin tahu misteri apa yang terkandung di Semeru? Inilah sedikit fenomena misteri di Gunung Semeru.


1. Tersesat


Larangan paling umum di setiap pendakian adalah dilarang berkata kotor dan perilaku yang tidak baik seperti menebang atau merusak tanaman. Jika lengah dan melanggarnya, Anda akan seperti berputar-putar di tempat penuh misteri. Di Gunung Semeru, kejadian ini sering kali terjadi.

Selain itu banyak pendaki yang tersesat karena mereka selalu sendirian, tertinggal dari rombongan, atau berada paling depan meninggalkan rombongan.

Jadi janganlah merasa hebat apabila mendaki berombongan. Konon puncak Mahameru diyakini sebagai tempat suci, tempatnya istana para dewa. Warga yang tinggal di lereng Semeru percaya roh para dewa masih setia menjaga Mahameru.


2. Misteri di Arcopodo

http://melorot.blogspot.com/

Inilah misteri yang paling terkenal di Semeru. Selepas hutan, ada sebuah dataran lapang yang diyakini menyimpan misteri Arcopodo, yang berarti arca kembar. Dalam legenda Mahameru, diceritakan bahwa di tempat tersebut terdapat dua arca yang berdiri kembar. Pendirinya adalah prajurit dari jaman kerajaan Majapahit.

Tetapi keberadaan arca tersebut tidak bisa dilihat oleh sembarang orang. Hanya orang yang memiliki 'kelebihan khusus' yang bisa mengetahui keberadaan arca kembar tersebut. Dan yang melihatnya pun, masing-masing memiliki beragam versi sendiri terkait wujud arca kembar tersebut.

Ada yang berkata bahwa arca tersebut sebesar anak kecil. Namun ada juga yang mengatakan bahwa arca tersebut sangat raksasa sehingga bisa terlihat dari jauh. Dataran Arcopodo ini adalah akhir pos pendakian sebelum Puncak Mahameru.


3. Kesurupan di Kelik



Banyak kejadian kesurupan yang pernah terjadi di daerah Kelik. Di daerah ini memang sering ada kejadian pendaki yang terjatuh, hilang, atau tersesat.

Beberapa batu penanda in memoriam terpasang di sana. Ada pendaki yang kesurupan seperti binatang, ada pula yang mengaku makhluk-makhluk tertentu yang 'masuk' kedalam tubuh pendaki yang kesurupan itu.


4. Hantu Wanita di Ranu Kumbolo



Ranu Kumbolo adalah danau tempat pendaki berkemah untuk beristirahat. Para pendaki yang berkemah sering melihat hantu wanita muncul dari tengah danau.

Di malam bulan purnama, sering muncul penampakan di tengah danau yang diyakini sebagai Dewi Penunggu Ranu Kumbolo. Penampakan itu berupa gumpalan kabut tebal yang berputar-putar dan berubah menjadi seorang wanita.


5. Ikan Mas di Ranu Kumbolo

http://melorot.blogspot.com/


Di Ranu Kumbolo terdapat ikan mas yang tidak diketahui asal-muasalnya. Menurut penduduk setempat, ikan-ikan itu adalah jelmaan para dayang Dewi Penunggu Ranu Kumbolo. Jangan sekali-kali menangkap atau memancing ikan-ikan tersebut jika Anda tidak ingin mengalami peristiwa aneh.


6. Mbah Dipo

Mbah Dipo, mirip Mbah Maridjan, 'juru kunci' Gunung Merapi. Mbah Dipo tinggal di Dusun Kamar A, daerah yang sangat rawan saat Semeru benar-benar meletus dan mengeluarkan lahar panas. Hanya Mbah Dipo ini yang bisa menangkap tanda-tanda tersebut.

Namun sayang, tidak ada lagi juru kunci Semeru karena Mbah Dipo telah meninggal dunia beberapa tahun lalu. Seandainya Semeru benar-benar meletus, konon, hanya satu pesan Mbah Dipo: "Jangan pernah lari ke arah Desa Gunung Sawur tapi larilah menuju ke arah sungai." Jelas belum ada yang mengerti maksudnya karena syukurlah Semeru masih aman-aman aja.

Semua kembali ke kita sebagai manusia ber-Tuhan. Sebagai penambah pengetahuan atau sebagai acuan sebuah pendakian untuk lebih berhati-hati dan waspada kepada alam. Percaya tidak percaya, inilah fenomena Gunung Semeru yang menarik para pendakinya.


Sumber :
belantaraindonesia

0 Response to "Misteri Gunung Semeru yang Selalu Menarik Para Pendaki"

Post a Comment

Boleh Berkomentar Asal Tidak Menggunakan Kata Kasar,,,,,, Tx For Visit ^^


Free Updates to your Inbox
Follow us:
facebook twitter gplus pinterest rss