10 Fakta Unik Tentang Tinggi Tubuh


Seseorang sebenarnya tidak dapat menentukan dirinya tinggi atau pendek, sebelum ada orang lain yang berdiri di sebelahnya. Hanya saja, persepsi dan penetapan publik tentang ukuran tinggi badan ini entah sejak kapan memiliki ketentuan tersendiri yang membuat seorang perempuan bisa merasa pas, cukup tinggi, dan bahkan berpikir dirinya kependekan. Apa pun itu, beberapa fakta berikut akan menjelaskan padamu beberapa hal mengejutkan mengenai tinggi tubuh:

Tinggi Tubuh Bukan Hanya Dipengaruhi Gen


Tubuh yang tinggi atau pendek dipengaruhi banyak hal, diantaranya varian genetik, makanan yang dikonsumsi, dan kondisi lingkungan. Pada beberapa kasus, orang yang terlalu pendek dan terlalu tinggi dipengaruhi kondisi kesehatan yang memerlukan perawatan medis seperti sindrom tertentu.

Tinggi Tubuh Berhubungan dengan IQ dan Kecerdasan


Sebuah studi genetik yang diterbitkan dalam jurnal PLOS menyatakan bahwa orang dengan tubuh yang lebih tinggi akan memiliki skor sedikit lebih tinggi pada tes IQ dibanding yang bertubuh pendek. Hal ini disebabkan orang yang tinggi bisa dipastikan memiliki ‘gen tinggi’ sehingga ‘gen IQ’-nya ikut tinggi. Penelitian di University of Colorado juga menemukan bahwa perempuan yang tinggi lebih cerdas dibanding laki-laki tinggi.

Tinggi Tubuh Memengaruhi Pilihan Pasangan


Berdasarkan studi psikologi yang diteliti bahwa rata-rata perempuan bertubuh pendek hingga normal akan cenderung memilih pasangan yang lebih tinggi darinya atau minimal dengan tinggi yang sama. Penelitian yang sama juga menjelaskan bahwa kebanyakan perempuan bertubuh tinggi justru memilih pasangan yang cenderung lebih pendek darinya. Sementara itu, menurut jurnal yang dipublikasikan Fammily Isuues bahwa lebih dari 85% laki-laki mengaku tidak keberatan jika memiliki pasangan yang lebih tinggi.

Laki-Laki Bertubuh Pendek, Lebih Baik dalam Pernikahan


Penelitian yang dipublikasikan dalam sebuah jurnal psikologi menyatakan bahwa laki-laki dengan tubuh pendek ternyata jauh lebih baik untuk diajak berhubungan serius, sedangkan laki-laki bertubuh tinggi yang cenderung lebih populer sebaiknya hanya dijadikan teman kencan.

Tinggi Tubuh Memengaruhi Kesempatan Karir


Perempuan dengan tubuh tinggi memiliki kesempatan lebih besar dalam dunia kerja, sekalipun tanpa latar pendidikan yang baik. Penelitian yang dilakukan di Australia ini menyatakan bahwa mereka bisa produktif menghasilkan uang dan bisa dengan mudah meningkatkan status sosialnya dibanding dengan yang bertubuh pendek. Hal ini kemungkinan besar disebabkan diskriminasi dan persepsi publik dalam menanggapi perawakan kurang tinggi.

Nyamuk Senang Menggigit Tubuh yang Tinggi


Ternyata, nyamuk akan lebih senang menggigit target yang lebih besar seperti orang dengan tubuh tinggi atau gemuk, dibanding tubuh yang pendek atau kurus. Karena mereka akan menghasilkan lebih banyak panas, kelembaban, karbondioksida serta bahan kimia lainnya yang juga menarik datangnya serangga lain.

Setiap Tinggi Tubuh Berpotensi Penyakit


Berdasar penelitian di Norwegia, perempuan dengan tubuh tinggi dan yang mengalami obesitas berisiko tinggi mengalami pembekuan darah pada pembuluh darahnya terutama di bagian kaki. Bukan hanya itu, tubuh yang tinggi juga sangat berkemungkinan terpapar penyakit kanker, terutama payudara, tiroid, ginjal, usus, dan rahim. Sementara itu, perempuan dengan tubuh pendek 1,5 kali lebih berisiko memiliki kelainan jantung dan mengembangkan gejalanya.

Tubuh Pendek Lebih Panjang Umur


Penelitian yang dilakukan sejak tahun 1866 hingga 1915 dan diterbitkan dalam Life Sciences menyatakan bahwa orang dengan tubuh pendek akan berkesempatan hidup lebih lama sekitar dua tahun dibanding yang bertubuh tinggi. Hal ini terkait pada fakta bahwa tubuh pendek memiliki risiko kerusakan DNA lebih kecil dan mampu mengganti sel tubuhnya lebih baik.

Tinggi Tubuh Menyatakan Ambisi


Penelitian yang dilakukan di St Andrews dan Stirling University menyatakan bahwa perempuan tinggi jauh lebih ambisius dibanding yang bertubuh pendek. Hal ini didasari fakta bahwa tubuh perempuan tinggi lebih banyak menghasilkan testosteron (hormon yang lebih banyak ditemui pada laki-laki) dibanding perempuan pendek yang membuatnya juga bersikap lebih “laki-laki”.

Tinggi Tubuh Menentukan Jumlah Anak, Sekaligus Peran Ibu


Berdasarkan survei yang dilakukan di beberapa Negara Eropa, perempuan pendek cenderung memiliki anak lebih banyak dibanding yang tinggi. Sementara mereka sangat fokus pada keluaraga, perempuan yang tinggi justru menunda kehamilan, atau tidak terlalu melibatkan diri dalam hal kepengurusan anak.

Di luar kekurangan dan kelebihannya, jadikan fakta-fakta tersebut sebagai pengetahuan baru yang membuatmu lebih baik dari sebelumnya ya Gladis! Karena tinggi tubuh yang bagaimana pun, akan membuatmu tetap sempurna selama kamu bersyukur dan menghargai dirimu sendiri!

0 Response to "10 Fakta Unik Tentang Tinggi Tubuh "

Post a Comment

Boleh Berkomentar Asal Tidak Menggunakan Kata Kasar,,,,,, Tx For Visit ^^


Free Updates to your Inbox
Follow us:
facebook twitter gplus pinterest rss