6 Kebiasaan Tidur Paling Nyaman, Tapi Berbahaya!


Setiap orang akan menemukan cara dan posisi tidur yang membuatnya nyaman dengan sendirinya. Ada yang baru bisa tidur setelah mengapit guling, ada yang selalu meletakkan bantal tinggi-tinggi, dan ada juga yang senang mengubah-ubah posisi tidur agar semakin nyaman. Tapi tahukah kamu bahwa di balik kenyamanan itu ada beragam bahaya yang menanti? Berikut ini beberapa kebiasaan tidur yang dianggap nyaman, namun berbahaya:

Tengkurap


Posisi tengkurap sangat digemari oleh banyak orang, sekalipun leher dan kepala tetap harus menyamping untuk mendapat cukup oksigen. Bahayanya, posisi ini akan menyebabkan nyeri leher, saluran pernapasan dan jantung terhimpit, dan juga kerusakan tulang belakang.

Tangan di Atas Kepala


Cara tidur yang satu ini sering jadi kebiasaan banyak orang sekalipun tidak disadari. Ada yang memang melakukannya untuk relaksasi, menutupi cahaya, atau sekedar kebiasaan. Bahayanya, saraf bahu akan mengalami tekanan dan peredaran darah tidak lancar sehingga memicu cedera ringan seperti kesemutan atau kebas (mati rasa). Lebih buruk lagi, keadaan ini memungkinkan terkilirnya sendi bahu.

Tidur dengan Kepala Tinggi


Karena merasa kurang nyaman, banyak orang yang dengan sengaja menambahkan jumlah bantalnya sebelum tidur. Begitu juga dengan kebiasaan menonton hingga ketiduran sementara letak kepala cukup tinggi. Padahal, kebiasaan ini akan menyebabkan leher menegang dan bentuk kepala berubah. Bahayanya, keadaan tersebut merupakan pangkal munculnya komplikasi penyakit di pencernaan, dan awal mula masalah paru-paru dan pernapasan.

Meringkuk


Kebiasaan tidur meringkuk akan menjadi pilihan banyak orang, terutama jika sedang kedinginan. Padahal, posisi ini cukup berbahaya karena menyebabkan beban berlebih akibat terhimpitnya organ vital jantung, hati, paru-paru, dan lambung.

Lurus Menyamping


Umumnya posisi ini tak kalah digemari selain meringkuk. Terutama jika seseorang merasa tidak nyaman setelah tubuhnya telentang. Apalagi posisi ini juga dianjurkan bagi ibu hamil yang perlu meningkatkan sirkulasi janinnya. Sayangnya, tidur dengan kebiasaan seperti ini akan mempercepat penuaan kulit dan tubuh akibat gravitasi. Terbayang kan, bukan hanya wajahmu yang cepat keriput, tapi payudaramu juga akan ikut mengendur.

Telentang


Ketika lelah, banyak orang yang akhirnya memilih posisi telentang sebagai cara tidur sambil merenggangkan tubuhnya. Telentang memang baik bagi kesehatan leher dan tulang belakang, tapi akan membuka tulang rusuk sehingga menjadi penyebab utama mendengkur, kesulitan bernapas akibat kurang oksigen, dan gelisah saat tidur.

0 Response to "6 Kebiasaan Tidur Paling Nyaman, Tapi Berbahaya! "

Post a Comment

Boleh Berkomentar Asal Tidak Menggunakan Kata Kasar,,,,,, Tx For Visit ^^


Free Updates to your Inbox
Follow us:
facebook twitter gplus pinterest rss