8 Cara Menenangkan Diri Saat Kamu Sedang Deg-Degan


Banyak momen dalam hidupmu yang bisa bikin deg-degan. Misalnya ketika kamu mau interview, saat kamu harus sedikit berpidato, belum lagi saat kamu harus presentasi dan meyakinkan orang lain tetang proyek yang akan kamu jalankan. Pasti tanganmu keringat dingin dan tubuh serasa melayang. Ini wajar Gladis, saat deg-degan otakmu gak bisa berpikir jernih dan bahkan memungkinkanmu jadi overakting atau tambah gugup. Nah, biar deg-degan gak merusak momen penting dalam hidupmu, begini caranya menenangkan diri dan melalui segalanya dengan sempurna:

Hargai Diri dan Kemampuanmu

Sebelum kamu melakukan sesuatu yang membuat deg-deganmu kambuh, pastikan kamu sudah mengevaluasi kemampuanmu, keterampilan, dan juga pengalaman yang membuatmu lebih yakin bahwa kamu bisa melakukan sesuatu. Keyakinan ini tergantung seberapa besar kamu menghargai diri dan kemampuanmu, begitu pula sebaliknya. Kamu gak mungkin kan diminta presentasi jika kamu gak punya kemampuan untuk menunjukkan sesuatu.

Kalahkan Sinyal Panik

Ketika kamu deg-degan, tubuh dan pikiranmu otomatis merasakan bahaya akibat situasi yang menantang. Pada saat ini hormon stres pasti membanjiri tubuhmu, dan kamu bisa memanfaatkannya pada situasi darurat. Daripada dikendalikan pikiran, coba kendalikan diri dengan duduk tenang sambil memejamkan mata, lalu tarik nafas dalam lewat hidung dan buang perlahan lewat mulut. Lakukan berulang sambil beradaptasi dengan tubuhmu yang terasa gak karuan.

Tingkatkan Keberanian

Ketika deg-degan diambil alih oleh stres, kamu akan merasa kehilangan keberanian dan ciut nyali. Rangsang saraf di tubuhmu untuk menenangkan diri agar keberanian muncul lagi. Upayakan hal ini dengan banyak berolahraga, konsumsi makanan yang mengandung omega 3, dan terpenting adalah kamu selalu bisa berpikir positif.

Selalu Bersyukur

Mensyukuri segala kesempatan yang kamu miliki dalam hidup bisa jadi cara ampuh menangkan diri saat deg-degan. Science pun membuktikan hal ini. Ketika kamu berada di bawah tekanan, tubuh secara otomatis melepaskan kortisol yang berfungsi alami melumasi saraf-saraf yang tegang. Masalahnya, jika stres dan deg-degan terus terjadi, kortisol tadi bisa diproduksi berlebihan, dan malah merusak sistem saraf. Penelitian di University of California Davis menemukan bahwa berlatih mensyukuri segala sesuatunya bisa mengurangi kortisol hingga 23 %.

Berdamai dengan Perasaan

Tiap kali otakmu berpikir, tubuhmu pasti merasa. Ini dinamakan interaksi pikiran dengan tubuh. Setiap kali tubuh deg-degan, otakmu juga pasti tertekan. Jika kamu merasa takut, maka pikiranmu akan mengantisipasi bahaya, dan jika kamu merasakan bahaya, pasti pikiranmu akan mencari bagaimana caranya menyelamatkan diri. Nah, jika urusannya berhubungan dengan pekerjaan dan kelanjutan hidup, maka kamu harus punya kontrol di bagian ini. Selamatkan dirimu saat deg-degan dengan kesadaran dan uoaya waspada menghadapi berbagai kemungkinan, dibanding harus takut dan siap melarikan diri.

Banyak Berlatih

Semua orang pasti tahu cara yang satu ini pasti membuatnya berada di zona aman, tapi belum tentu mengupayakan yang terbaik dengan benar-benar melakukannya sesering mungkin. Percaya deh Gladis, banyak praktik akan membuat segala sesuatunya jadi sempurna, bahkan deg-degan yang kamu rasakan hanya sekedar jadi bumbu penghias momen.

Hindari Aura Negatif

Meskipun kamu sudah bisa mengontrol dirimu, keadaan bisa kacau dan jadi percuma kalau kamu masih dikelilingi orang-orang negatif yang selalu cemas, banyak mengeluh, dan sinis gak karuan. Mereka akan memberikan aura yang buruk dan membuatmu tambah stres.

Siapkan Dirimu

Jika kamu sudah melakukan segala upaya di atas, sekarang saatnya untuk mempersiapkan diri sebaiknya. Sadari bahwa deg-degan yang kamu rasa, dan telapak tanganmu yang terasa dingin berkeringat bukanlah tanda-tanda kamu akan gagal. Itu hanyalah efek samping dari seseorang yang siap untuk memberikan kinerja terbaik dalam hidupnya. Anggap ini hanya salah satu ujian sebelum kamu menghadapi ujian yang lebih besar di kemudian hari.




0 Response to "8 Cara Menenangkan Diri Saat Kamu Sedang Deg-Degan "

Post a Comment

Boleh Berkomentar Asal Tidak Menggunakan Kata Kasar,,,,,, Tx For Visit ^^


Free Updates to your Inbox
Follow us:
facebook twitter gplus pinterest rss