9 Cara Menghadapi Orang-orang Negatif di Sekitarmu


Di kehidupan, terutama yang menyangkut dunia kerja, kamu pasti gak asing bertemu dengan orang-orang seperti ini. Mereka bisa saja orang yang dekat denganmu dan mereka bisa muncul kapan saja membawa aura negatif yang melemahkan. Mereka bisa mendadak mengeluarkan kritik tajam yang tidak membangun, mereka juga tahu cara menjatuhkanmu dalam segala jenis pembicaraan. Mungkin mereka kesal dan gak terlalu menyukaimu hanya pada saat itu. Daripada segera menjauhinya tanpa melakukan usaha apapun, apalagi tertular energi negatif yang diberikan, lebih baik kamu menghadapinya dulu melalui beberapa cara ini:

#1 Jangan Terbawa Suasana

Seringkali ketika berhadapan dengan orang yang negatif, kamu akan terbawa suasana dengan menanggapi apa yang dikatakannya. Jangan pernah berdebat dengan mereka karena mereka gak akan mengubah pandangan hanya karena apa yang kamu katakan. Malah mereka punya banyak alasan berbeda untuk mempertahankan pendapatnya. Pembahasan cuma akan berputar-putar ke arah yang lebih negatif, dan jika gak ada tanda-tanda mereka akan mundur, sebaiknya kamu gak terlibat terlalu jauh.

#2 Tingkatkan Empati

Orang yang memandangmu secara negatif perlu dihadapi dengan sikap empati dibanding diberi solusi atau saran tentang apa yang harus dilakukannya. Ketika kamu meningkatkan empatimu terhadap mereka, kamu bisa melihat dari sisi permasalahan yang berbeda. Hal ini lebih bermanfaat untuk membantu mereka mengatasi emosinya, bahkan mungkin mereka sendiri yang nantinya menciptakan solusi.

#3 Bantu Mereka Merasa Lebih Baik

Beberapa orang kadang mengeluh dan jadi marah-marah atau mengeluarkan komentar tajam, alih-alih menangis minta tolong atau memintamu dengan cara biasa untuk melakukan sesuatu yang lebih baik. Mereka mungkin gak menyadari hal ini sehingga yang dikeluarkan malah tanda-tanda negatif. Ambil tanggung jawab dengan membantu mereka merasa lebih baik. Pertanyaan sederhana, “Kamu baik-baik aja?, atau, “ Aku bisa berbuat apa untuk membantumu?” dapat menciptakan keajaiban.

#4 Alihkan Bahasan ke Topik Ringan

Beberapa orang bisa berubah negatif jika dipicu topik-topik tertentu yang mungkin kamu sendiri gak tahu dia mempermasalahkannya. Bisa jadi dia juga sudah menahan berkali-berkali agar aura negatif gak perlu keluar, tapi sekalinya meledak, coba kamu diam dan merenung sebentar, terutama jika ini terjadi pada orang yang kamu kenal dengan baik.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membawanya ke arah yang lebih positif dengan cara #2 dan #3. Jika gak berhasil, berarti jelas dia sudah terjebak dalam aura kenegatifan yang terpicu. Coba bawa topik baru yang lebih ringan untuk menenangkan suasana hatinya seperti kejadian sehari-hari yang bisa membawanya merasa lebih positif.

#5 Abaikan Komentar Negatif

Mengabaikan komentar negatif dari orang yang bersikap negatif akan menyelamatkanmu dari terjerat keadaan. Ingat lho! Cuma mengabaikan komentarnya, bukan orangnya. Jawab “ya”, atau “oke” pada saat itu. Jika suasana sudah lebih positif, katakan hal yang mengganggumu dengan tegas dan antusias. Nantinya, mereka juga akan bertindak lebih positif padamu.

#6 Pujilah Orang itu dengan Hal yang Positif

Orang yang negatif bukan hanya bertindak negatif ke orang lain, tapi juga pada dirinya sendiri. Kamu bisa bayangkan bagaimana mereka merasa gak enak sepanjang waktu. Sadari hal positif apa yang kamu tahu dan ada pada dirinya, lalu pujilah. Mungkin dia akan terkejut dan menolak pujian darimu, tapi di dalam hatinya terasa hangat. Ini bisa menanam benih kepositifan pertama dalam dirinya, yang pasti mekar dalam jangka panjang.

#7 Lebih Baik Ada Orang Lain

Jika kamu sendirian menghadapi orang yang negatif, maka kemungkinan segala hal negatif yang mengarah padamu pun akan semakin besar. Hindari kendala ini dengan mengadakan orang lain juga agar kamu bisa lebih fokus melancarkan cara #1 dan #2.

#8 Berkaca Lebih Dalam pada Hal yang Positif

Kadang, kamu gak menyadari bahwa mengatakan seseorang itu negatif buatmu, bisa jadi karena kamulah yang memandangnya begitu. Mungkin dia bukan orang yang negatif, tapi caranya menyampaikan sesuatu padamu sama sekali terasa gak membangun dan malah menjatuhkan. Apapun itu, kamu harus berkaca lebih dalam untuk belajar melihat kebaikan seseorang dibanding keburukannya. Karena pada akhirnya, kamu sendiri yang harus bertanggung jawab pada setiap persepsimu.

#9 Kurangi Kontak Atau Hindari

Jika kamu gagal melakukan semua usaha di atas, dan sama sekali tidak bisa merasakan adanya energi positif dari orang tersebut, maka kurangi kontak atau hindari sama sekali. Jika ternyata dia teman baikmu, biarkan dia tahu seberapa parah masalahnya dan berusaha mengatasinya dari dalam dirinya. Tapi ingat! Bersikaplah layaknya teman yang ada jika natinya ia membutuhkanmu, dan bersikaplah profesional jika menyangkut urusan kerja. Jangan menghabiskan banyak waktu pada orang yang menguras tenaga karena waktumu sangat berharga. 




0 Response to "9 Cara Menghadapi Orang-orang Negatif di Sekitarmu "

Post a Comment

Boleh Berkomentar Asal Tidak Menggunakan Kata Kasar,,,,,, Tx For Visit ^^


Free Updates to your Inbox
Follow us:
facebook twitter gplus pinterest rss