Manusia Tollund Berumur 2.400 Tahun Diawetkan Rawa Gambut

Manusia Tollund.
SAUNG99 - Mayat pria yang disebut "bog bodies" diperkirakan telah berumur 10.000 tahun. Mereka banyak telah ditemukan sebagian besar di Eropa utara-barat, terutama di Irlandia, Inggris, Belanda, Jerman utara, dan Denmark. Apa yang membuat tubuh manusia ini begitu unik?

Mereka diawetkan oleh alam secara fantastis, kulit dan organ internal utuh, berkat 'kimia' yang tidak biasa di rawa gambut. Lapisan lumut yang mati mengandung air yang sangat asam, suhu rendah dan oksigen yang buruk, yang semuanya berkontribusi terhadap pengawetan tubuh.

Jaringan lunak, isi perut, rambut, kuku, dan pakaian diawetkan cukup baik untuk analisis forensik. Isi perut dapat memberikan informasi tentang makanan yang dikonsumsi, sedangkan gigi dan kuku memberikan petunjuk yang berguna tentang kesehatan seseorang dan usia. lalu pakaian merupakan indikator budaya.

Tidak ada yang tahu bagaimana orang-orang ini berakhir di rawa, namun keberadaan luka mengerikan, seperti tenggorokan disayat, menunjukkan mayat telah dikorbankan atau dieksekusi sebagai hukuman atas kejahatan. Salah satu contoh yang paling menonjol dari manusia ini, dan salah satu yang paling baik diawetkan, adalah Manusia Tollund, digali di Denmark pada tahun 1950.

Manusia Tollund ditemukan pada tanggal 8 Mei 1950, oleh dua bersaudara yang sedang menggali lahan gambut yang akan digunakan sebagai bahan bakar, di sebuah rawa dekat Bj├Žldskovdal, sebuah kawasan yang terletak sekitar 10 kilometer sebelah barat dari Silkeborg, di Denmark.

Karena tubuh yang ditemukan cukup segar, mereka percaya telah menemukan korban pembunuhan baru-baru ini. Penanggalan radiokarbon dari Manusia Tollund mengungkapkan bahwa, ia meninggal pada sekitar 375-210 SM, atau hampir 2.400 tahun yang lalu.

Ketika ia digali, Manusia Tollund benar-benar telanjang kecuali sempit sabuk kulit di sekitar pinggangnya. Salah satu ujung sabuk  dipotong persegi panjang, di mana ujung sabuk telah ditarik melalui dan dijamin dalam satu lingkaran. Di kepalanya, ia mengenakan topi kulit menunjuk terbuat dari kulit domba dan wol, diikat dengan aman di bawah dagunya dengan menyembunyikan thong.

Selain itu, mayat terlihat seperti ditarik di sekitar lehernya. Rambutnya dipotong begitu pendek untuk hampir seluruhnya tertutup oleh topinya. Ada tunggul pendek di dagunya dan bibir atas, menunjukkan bahwa ia tidak bercukur pada hari kematiannya. Tubuh sekarang ditampilkan di Silkeborg Museum di Denmark, meskipun hanya kepalanya
 
 
 

0 Response to "Manusia Tollund Berumur 2.400 Tahun Diawetkan Rawa Gambut "

Post a Comment

Boleh Berkomentar Asal Tidak Menggunakan Kata Kasar,,,,,, Tx For Visit ^^


Free Updates to your Inbox
Follow us:
facebook twitter gplus pinterest rss