Apa saja Masalah Kulit pada Bayi yg Harus Anda Ketahui




Pada bulan-bulan pertama kelahiran, tubuh bayi masih sensitif terhadap lingkungan luar, terutama di bagian kulit. Pasalnya bayi yang baru lahir memiliki kulit yang masih sangat tipis, sehingga mudah terkena beberapa masalah seperti infeksi dan iritasi.

Untuk itu, para orangtua harus mengetahui apa saja masalah kulit pada bayi, serta bagaimana cara menyembuhkannya. Ini informasinya yang dilansir dari Times of India:

Ruam popok

Masalah ini datang karena seringnya bayi menggunakan popok yang kemudian membuat kulitnya iritasi. Jika bayi Anda mengalami ruam popok, segera oleskan krim khusus untuk meredakannya. Selain itu upayakan untuk selalu mengganti popok bayi agar ruam popok tak terjadi.

Biang keringat

Gangguan ini juga sering terjadi pada bayi, khususnya yang sensitif terhadap panas. Ganggguan ini ditandai munculnya bintik-bintik merah kecil dan halus di bagian-bagian tertentu pada kulit bayi, seperti kening, lengan, serta leher.
Gejala ini juga biasanya diikuti keringat yang banyak pada bayi. Salah satu tindak pencegahan yang bisa dilakukan, dengan tidak menggunakan terlalu banyak bedak pada tubuh bayi, serta terus menjaga kebersihan dan kelembapan tubuh bayi.
***

Gatal-gatal

Keluhan ini juga biasa dialami bayi yang kulitnya masih sensitif. Gatal-gatal yang diikuti munculnya ruam merah di beberapa bagian tubuh bayi, biasanya terjadi pada buah hati yang keluarganya memiliki riwayat penyakit kulit atau asma. Namun gejala ini juga bisa timbul karena penggunaan peralatan mandi dan kosmetik bayi yang salah.

Kulit kering

Keluhan lain yang sering terjadi pada bayi ialah kulit kering. Gejala ini biasanya menyebabkan kulit bayi terkelupas dan agak beruntusan. Namun jangan khawatir, gejala ini hanya terjadi pada bulan pertama bayi lahir dan akan hilang dengan sendirinya.

Infeksi jamur

Jamur, juga bisa menjangkiti tubuh bayi kita. Infeksi ini biasanya terjadi dengan munculnya tanda putih pada bagian mulut dan lidah bayi. Jika sudah terlihat tanda-tanda jamur pada tubuh bayi Anda, segera konsultasi pada dokter anak, agar tindakan penyembuhan bisa segera dilakukan.

Hal penting yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit bayi ialah dengan menggunakan peralatan dan perlengakpan bayi yang steril dan bersih. Selain itu, gunakan air hangat setiap kali berinteraksi dengan bayi. Dengan begitu, kesehatan kulit bayi terjaga, dan gangguan menjauh.


sumber viva.co.id

0 Response to "Apa saja Masalah Kulit pada Bayi yg Harus Anda Ketahui"

Post a Comment

Boleh Berkomentar Asal Tidak Menggunakan Kata Kasar,,,,,, Tx For Visit ^^


Free Updates to your Inbox
Follow us:
facebook twitter gplus pinterest rss