Inilah Top Daftar Sungai Terpanjang di Dunia

Melorot blog - Jika kita membicarakan sungai, tentu sudah sangat banyak sekali sungai ada tercipta di dunia ini. Namun dari sekian banyaknya sungai yang ada, apakah ada sebuah sungai yang memiliki panjang yang luar biasa panjang ?? bahkan panjang dari sungai tersebut dapat mencapai hingga ribuan mil jauhnya. Nahh pada kesempatan yang baik ini saya telah merangkum beberapa sungai yang terbukti memiliki panjang sungai yang luar biasa panjang. Melebihi panjang sungai-sungai pada umumnya. Baiklah untuk mempersingkat waktu simaklah informasi Sungai Terpanjang di Dunia di bawah ini

          1.       Sungai Nil – 6.650 km/ 4.132 mil
    Sungai Terpanjang pertama di dunia berada di afrika. Sungai Nill dengan total panjang sungai hingga mencapai 6650 km atau 4132 mil. Sungai ini mengalir di bagian utara timur laut Afrika. Sungai Nill atau sering disebut dengan Sungai Internasional, mengapa demikian? Karena sungai Nill mempunyai mata air yang di bagi oleh sebelas Negara diantaranya Ethopia, Sudan Selatan, Sudan, Mesir, Kongo, Kenya, Eritrea, Tanzania, Uganda, Burundi dan Rwanda. Keberadaan sungai Nill ini sangatlah berguna bagi penduduk yang tinggi di sepanjang sungai Nill tersebut, mengapa karena keberadaan sungai nill ini dapat menghasilkan tanah yang subur akibat sedimentasi sungai.
          2.       Sungai Amazon Amerika Selatan – 6.400 km
    Sungai terpanjang kedua setelah sungai Nill adalah Sungai Amazon. Sungai yang teletak di belahan bumi benua Amerika bagian selatan ini memiliki total panjang hingga mencapai 6400 km. mempunyai lebar sungai Antara 1.6 hingga 10 Km bahkan lebarnya Sungai Amazon in masih dapat diperluas lagi, misalnya alam kondisi hujan dimana sungai Amazon ini dapat mempunyai lebar hingga 48 kilometer, besarnya dimensi dari sungai Amazon ini tak khayal banyak yang menyebutkan bahwa sungai ini adalah Laut Sungai.
          3.       Sungai Yangtze Asia – 6300 km/3,917 mil
    Sungai terpanjang selanjutnya adalah Sungai Yangtze. Sungai yang lebih dikenal dengan sebutan sungai Chang Jiang ini memiliki panjang total hingga 6.300 km atau sekitar 3,917 mil. Sungai Yangtze ini berada di Dataran Tinggi Qingthai-Tibet, tepatnya di sebelah timur laut China Shanghai. Sungai Yangtze juga merupakan salah satu sungai terbesar dan memiliki debit alir air yang besar. Keberadaan Sungai Yangtze ini sangatlah bermanfaat bagi kehidupan warga China. Warga China memanfatkan sungai ini untuk berbagai keperluan seperti sanitasi, transportasi, industri dan kegiatan air lainnya.
          4.       Sungai Mississippi America Utara 6.275 km/3.902 mil]
    Sungai Terpanjang selanjutnya berada di wilayah Amerika Serikat. Sungai Mississippi merupakan sungai utama di wilayah Amerika Serikat, Sungai ini juga sangatlah terkenal dengan sistem Drainase terbesar di Negara tersebut. Alir Sungai Mississippi melintasi hingga 31 Negara di sekitar Amerika Serikat. Sungai ini juga dijadikan tanda sebagai sungai perbatasan perpotongan antar Negara seperti Lowa, Kentucky, Tennesse, dan lainnya.

          5.       Sungai Yenisei Mongolia – 5.539 km/3.445 mil
    Sungai terpanjang selanjutnya berada di Negara Mongolia. Sungai Yenisei yang memiliki panjang keseluruhan badan sungai hingga mencapai 5.539 km atau sekitar 3.445 mil. Sungai ini merupakan pusat dari 3 sungai terbesar di Siberia yang mengalir Samudera Arctic. Sungai Yenisei ini mempunyai kedalaman maksimal yakni 80 kaki (24 meter).
          6.       Sungai Kuning (Yello river) China – 5464 km/3395 mil
    Sungai kedua terpanjang di Asia setelah Sungai Yangtze ini memiliki total keseluruhan panjang hingga mencapai 5464 km atau sekitar 3395 mil. Dalam urutan dunia sungai kuning ini merupakan sungai terpanjang keenam dunia. Sungai ini mengalir melintasi 9 provinsi dan bermuara di laut Bohai ini merupakan tempat lahir peradaban China kuno yang merupakan peradaban paling makmur di sejarah peradaban China.
          7.       Sungai OB Rusia – 5.410 km / 3.364 mil
    Sungai OB atau sering dikenal dengan sebutan Sungai Obi merupakan sungai terpanjang ketujuh di dunia dengan total panjang sungai mencapai 5.410 km atau sekitar 3.364 mil. Sungai OB adalah sungai paling barat dari ketiga sungai yang berada di Wilayah ini. Muara dari sungai ini adalah Samudera Arctic, Sungai OB mempunyai teluk dan dimana teluk tersebut adalah teluk terpanjang di Dunia.
          8.       Sungai Kongo Afrika – 4.700 km
    Sungai terpanjang di posisi selanjutnya adalah Sungai Kongo yang berada di Afrika. Sungai Kongo atau lebih dikenal dengan sebutan Sungai Zaire merupakan sungai terbesar yang berada di wilayah Afrika bagian barat. Sungai yang memiliki panjang total keseluruhan badan sungai hingga mencapai 4.700 km ini sekaligus menjadi sungai terbesar kedua di Negara Tersebut. Nama Kongo sendiri berasal dari kerajaan Kongo hingga sampai kerajaan Zaire pada tahun 1997 sungai ini lebih dikenal dengan sebutan Sungai Zaire.
          9.       Sungai Amur Eropa – 4444 km
    Sungai terpanjang dunia selanjutnya adalah sungai Amur. Sungai ini mempunyai panjang keseluruhan badan sungai hingga mencapai 4444 km. Sungai ini juga membentuk perbatasan antara Timur jauh Rusia dengan Cina Timur Laut. Sungai Amur juga merupakan simbol penting geopolitik Antara China dan Rusia.
          10    Sungai Lena Eropa – 4400 km
    Sungai terpanjang di urutan kesepuluh dunia adalah sungai Lena. Sungai ini berada id wilayah Eropa , sungai yang memiliki panjang keseluruhan hingga mencapai 4400 km ini bermuara di Laut Arktik.
Demikianlah 10 Sungai Terpanjang di Dunia. Jika anda sedang berada di wilayah tersebut, sempatkanlah mampir ke beberapa tempat sungai terpanjang di dunia ini.   



sumber

0 Response to "Inilah Top Daftar Sungai Terpanjang di Dunia"

Post a Comment

Boleh Berkomentar Asal Tidak Menggunakan Kata Kasar,,,,,, Tx For Visit ^^


Free Updates to your Inbox
Follow us:
facebook twitter gplus pinterest rss