Mengapa gajah lebih takut semut dibanding tikus ?

Mengapa gajah lebih takut semut dibanding tikus ?




Melorotblog - Tikus yaitu binatang yang ditakuti gajah, namun itu hanya fantasi di film kartun Disney. Binatang yang dapat menyingkirkan gajah nyatanya jadi lebih kecil dari tikus ; beberapa pakar menyampaikan binatang itu yaitu semut.

Beberapa peneliti temukan bahwa semut adalah hal yang menakutkan pada kehidupan gajah. Gajah-gajah di savana Afrika senantiasa menjauh dari pohon lantaran takut semut di tumbuhan itu bakal merangkak ke belalai.

Beberapa peneliti menyebutkan bahwa semut berlaku juga sebagai bodyguard untuk sebagian tumbuhan agar terlepas dari injakan gajah.

Dr Todd Palmer dari the Mpala Research Centre di Kenya serta the University of Florida menyampaikan " hal semacam itu sungguh mirip narasi David serta Goliath. "

 " grup kerumunan semut yang mempunyai berat 5mg setiap ekornya dapat membuat perlindungan pohon dari binatang yang miliaran kali semakin besar, " tutur Dr palmer. " Ini misal perihal mahluk kecil itu mempunyai peran didunia, "

Inspirasi tentang bahwa gajah takut pada tikus sudah lama dikuatkan oleh film kartun, yang dipertunjukkan oleh film kartun classic Disney Dumbo pada th. 1941.

Namun, beberapa pengamat tingkah laku binantang menyampaikan tidak ada bukti bila ada mamalia yang takut pada binatang pengerat.

Penemuan bahwa gajah takut semut nampak saat Dr palmer serta koleganya Dr Jacob Goheen mengerti bila gajah hindari pohon akasia pada suatu perkebunan di Kenya.

Pohon itu diketemukan di seputar savana Afrika serta umum diinjak-injak oleh gajah lapar. Gajah menjauh dari pohon akasia drepanolobium itu bila mereka merasakan ada semut yang melindungi.

 " Beberapa gajah menampik mendekati pohon pohon itu seperti seseorang anak menampik brokoli, " tutur Dr palmer.

 " Nampaknya beberapa gajah tidak suka pada semut yang berkerumun serta masuk ke belalai mereka. Belalai gajah adalah organ yang bernilai, yang juga titik lemah saat bertemu dengan koloni semut yang geram.

Beberapa ilmuwan yakin bahwa memberikan koloni semut pada tumbuhan yang rawan di Afrika bisa menghindar deforestasi serta membuat perlindungan dari tanaman.

Gajah mempunyai nafsu makan yang besar hingga dapat dalam sekejap merubah lokasi berhutan jadi tempat berumput.

 " Suatu masalah besar di Afrika timur yaitu gajah gajah mengakibatkan kerusakan tanaman, itu argumen kenapa gajah disiksa serta kadang-kadang dibunuh, " katanya.



sumber

0 Response to "Mengapa gajah lebih takut semut dibanding tikus ? "

Post a Comment

Boleh Berkomentar Asal Tidak Menggunakan Kata Kasar,,,,,, Tx For Visit ^^


Free Updates to your Inbox
Follow us:
facebook twitter gplus pinterest rss