Wajah ‘Tersenyum’ di Alam Semesta



Melansir berita di Live Science (11/02), terlihat alam semesta tersenyum pada kita, setidaknya, itulah apa yang tampak dalam foto baru ruang angkasa yang muncul memperlihatkan fitur wajah tersenyum dari cahaya alam semesta.

Teleskop Hubble Space membidik pemandangan tersebut dari gugus galaksi SDSS J1038 + 4849 di mana gugus galaksi tersebut tampak terlihat kembali. Dua titik terang terlihat seperti mata, yang lain seperti hidung, dan garis lengkung cahaya membuat mulut dan garis wajah. Secara keseluruhan, mereka menciptakan kesan wajah bahagia di gugus galaksi.

Pada kenyataannya, dua "mata" tersebut adalah dua galaksi yang masing-masing jaraknya sangat jauh, dan garis lengkung berasal dari cahaya yang telah dibengkokkan oleh gravitasi di sekitar gugus galaksi - efek yang dikenal sebagai “pelensaan” gravitasi.

Teori relativitas Einstein menunjukkan bahwa benda-benda besar benar-benar dapat membengkokkan ruang di sekitar mereka. Ketika cahaya melewati wilayah bengkok dalam ruang tersebut, dapat diarahkan kembali, diperbesar atau dibelokkan, seolah-olah ia telah melewati sebuah lensa.

Menurut pernyataan dari European Space Agency's Hubble, gugus galaksi adalah beberapa benda yang paling besar di alam semesta dan dapat membuat efek “pelensaan” gravitasi yang kuat.

Dalam kasus wajah kosmik “tersenyum”, gugus galaksi tersebut dengan sumber cahaya yang jauh secara sempurna segaris lurus dengan Hubble. Akibatnya, Hubble melihat apa yang disebut Cincin Einstein, di mana cahaya dari benda yang lebih jauh membalur sepanjang jalur melingkar. Hal ini menciptakan "senyum" seperti kurva di sekitar tepi wajah.

Astronom kadang-kadang mencari tanda-tanda “pelensaan” gravitasi untuk mengidentifikasi benda-benda besar yang mungkin tidak terlihat, termasuk lubang hitam, gugus galaksi dan bahkan materi gelap.



sumber

0 Response to "Wajah ‘Tersenyum’ di Alam Semesta"

Post a Comment

Boleh Berkomentar Asal Tidak Menggunakan Kata Kasar,,,,,, Tx For Visit ^^


Free Updates to your Inbox
Follow us:
facebook twitter gplus pinterest rss