Ternyata, Kepribadiaanmu Bisa Mempengaruhi Kebiasaan Makanmu Lho!

Melorot blog - Lain kali, jangan bingung lagi jika ada orang yang terlihat gak bisa mengontrol makannya karena kepribadiannya pasti mempengaruhi kebiasaan makan
kepribadian menentukan kebiasaan makan
www.hir24.hu
Kamu pernah gak bertanya-tanya kenapa ada temanmu yang terlihat gak bisa mengontrol selera makannya padahal dia ingin sekali berhasil diet? Atau yang bisa makan hanya sekali sehari dan gak terlihat benar-benar tertarik pada makanan?
Berdasar studi yang dipublikasikan dalam jurnal Appetite, para peneliti di Swiss Federal Institute of Technology mengungkap bahwa kebiasaan makan seseorang ternyata sangat berhubungan dengan kepribadian yang dimilikinya.
Faktanya, kepribadian seseorang bisa menentukan mengapa seseorang makan dan apa yang ia makan. Misalnya, kurangnya kesadaran bisa membuat orang hilang kontrol menghadapi makanan yang menggoda, atau saat merasa galau, ada yang banyak makan untuk mengatasi emosi negatif dalam dirinya.
Nah, biar lebih jelas, berikut ini beberapa kebiasaan makan seseorang yang dilihat dari lima tipe kepribadian dasar manusia:

Yang Terbuka

Kamu yang mudah terbuka pada orang lain akan lebih mudah mematuhi diet sehat dan seimbang. Kamu bukan penggemar daging, terutama daging merah. Kamu tipe yang lebih menyukai pola makan nabati dengan tipe daging seperti ikan-ikanan. Kamu juga menggemari buah dan sayur.

Yang Teliti

Tipe kepribadian sepertimu akan banyak berhati-hati dan mencari informasi tentang segala sesuatu lebih rinci. Kamu juga mampu mengontrol penyebab stres, dan melakukan berbagai hal yang akan menguntungkan kesehatanmu. Oleh karena itu, kamu cenderung menyukai daging, tapi tetap bisa menahan diri agar tak berlebihan mengonsumsinya. Kamu gak terlalu emosional saat makan, apalagi mencoba menenangkan diri dengan makan saat stres. Makanya kamu lebih suka makan buah dan sayur-sayuran daripada memanjakan diri dengan yang manis-manis.

Yang Gemar Bersosialisasi

Kamu tipe sosial dan sangat baik menjaga hubunganmu dengan orang lain. Kepribadianmu ini memperngaruhi kebiasaan makanmu juga jadi lebih sosial. Ini terlihat ketika isyarat makan seperti bau makanan yang menarik muncul, maka kamu akan segera makan. Oleh karena itu bukan hal aneh jika kamu banyak mengonsumsi daging, makanan manis, makanan asin dan gurih, dan juga minuman yang manis.

Yang Ramah

Ditilik dari penelitian, sebenarnya tidak ada korelasi berarti antara kepribadian ini dengan kebiasaan makannya. Hanya saja,  orang yang ramah cenderung ingin menyamankan orang lain sehingga gak aneh jika kamu gak akan menolak jika orang lain menawarkanmu makan sekalipun sudah kenyang. Selain itu, besar kemungkinan pula kamu sering mengonsumsi daging.

Neurotisisme

Kamu hanya akan benar-benar diet ketika kamu membutuhkannya, dan kamu akan menjadikan makan sebagai pelarian untuk mengatasi emosimu. Jenisnya tentu saja berhubungan dengan makanan yang bisa membuatmu nyaman seperti eskrim, kue dan bolu, atau makanan berlemak yang sedikit sayurannya.
Nah sekarang jelas kan, faktor kepribadian tertentu akan menentukan kebiasaan makan yang nantinya mengarah pada gaya hidup sehat atau sebaliknya. Makanya kamu gak bisa menentukan bagaimana kebiasaan makanmu terkait kompleksnya karaktermu ini. Dengan kata lain, kamu perlu mengenal dirimu sebaik mungkin untuk mengarahkannya ke pola makan yang sehat! 


sumber http://gladisco.lintas.me/article/woman-story/ternyata-kepribadiaanmu-bisa-mempengaruhi-kebiasaan-makanmu-lho

0 Response to "Ternyata, Kepribadiaanmu Bisa Mempengaruhi Kebiasaan Makanmu Lho!"

Post a Comment

Boleh Berkomentar Asal Tidak Menggunakan Kata Kasar,,,,,, Tx For Visit ^^


Free Updates to your Inbox
Follow us:
facebook twitter gplus pinterest rss