Ilmuwan Temukan Cara Menunda Kematian ??


Sob, sebelumnya banyak peneliti yang meyakini bahwa saat jantung berhenti berdenyut dan darah berhenti mengalir, maka bagian tubuh lainnya perlahan-lahan juga akan berhenti berfungsi. Tapi belum lama ini keyakinan tersebut terbantahkan dengan sebuah penemuan dan teori baru.

Para peneliti yang dipimpin Jimo Borjigin, seorang ahli saraf dari University of Michigan Medical School, Ann Arbor, Amerika Serikat, menemukan sebuah teori baru setelah meneliti aktivitas jantung dan otak seekor tikus laboratorium. Penelitian itu dilakukan beberapa saat sebelum tikus itu mati karena kehabisan oksigen.

Pada penelitian tersebut ditemukan bahwa otak tikus mengirim sinyal berlebihan ke jantung yang efeknya menghancurkan organ tersebut. Namun ketika para ilmuwan mencoba menghalangi sinyal-sinyal tersebut, justru jantung tikus itu berdenyut untuk beberapa lama.

Nah sob, jika proses yang sama terjadi pada manusia, maka dapat dimungkinkan untuk membantu memperpanjang usia manusia setelah jantungnya berhenti berdenyut, yakni dengan memotong gempuran sinyal yang datang dari otak.

"Orang-orang biasanya hanya fokus pada jantung, berpikir bahwa dengan menyelamatkan jantung, maka juga menyelamatkan otak," kata Borjigin seperti dikutip dari Livescience.

"Anda harus memutuskan (komunikasi kimia) antara otak dan jantung. Penemuan ini memang bertentangan dengan hampir semua praktik kegawatdaruratan dunia medis mana pun," tambahnya.

Pada satu dasawarsa belakangan, para peneliti sering dibingungkan dengan pertanyaan, mengapa jantung orang yang sebelumnya sehat tiba-tiba jantungnya berhenti berfungsi, setelah beberapa menit tanpa oksigen namun otaknya masih terus aktif.

"Tentu saja, semua penelitian ini dilakukan pada tikus. Apakah tubuh manusia akan bereaksi sama, itu menjadi pertanyaan bernilai jutaan dolar," jelas Borjigin.

Nilai positifnya sob, jika para peneliti dapat menemukan cara untuk 'memutuskan' hubungan antara otak dan jantung menggunakan obat, tak tertutup kemungkinan bisa jadi alternatif buat mereka yang mengalami serangan jantung mendadak.

:heboh

0 Response to "Ilmuwan Temukan Cara Menunda Kematian ??"

Post a Comment

Boleh Berkomentar Asal Tidak Menggunakan Kata Kasar,,,,,, Tx For Visit ^^


Free Updates to your Inbox
Follow us:
facebook twitter gplus pinterest rss